Thursday, September 15, 2016

4 Hal yang Harus Anda Periksa Jika Koneksi Internet Melambat

stevenwiyadii - Koneksi internet sudah menjadi kebutuhan kita yang paling utama di masa modern ini. Tidak hanya lingkungan kantor ataupun fasilitas umum. Sekarang ini setiap rumah juga memerlukan internet. Nah terkadang dalam koneksi internet pastinya mengalami gangguan. Jika terjadi gangguan koneksi internet di kantor maka kita bisa langsung menghubungi bagian IT Service. Tetapi bagaimana jika terjadi di rumah sendiri? pastinya kita harus mencari solusi sendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sangat kesal pastinya jika koneksi internet lelet maupun lama.

baca juga>>> Paduan dan Informasi Membuat Blog Bagi Blogger Pemula



Nah kali ini saya akan sharing 4 hal yang perlu diperiksa jika terjadi gangguan pada koneksi internet anda. Berikut terlampir 4 hal yang dimaksud :

1. Kabel Internet
Untuk kelancaran koneksi internet, sebaiknya anda menggunakan kabel jenis serat optik. Biasanya jika kita menggunakan speedy dari luar sudah dipasangkan jenis kabel serat optik tersebut. Fungsi dari serat optik tersebut adalah mempercepat penyaluran tranmisi data melalui cahaya dengan kecepatan tinggi. Kabel ini menggunakan bahan dasar kaca atau plastik yang halus. 

Jika terjadi masalah kabel diluar rumah anda dapat segera menghubungi provider yang anda gunakan. Biasanya saya sendiri menggunakan speedy jadi tinggal telepon ke 147 dengan memberitahukan nomor speedy kita. Sebelum kita menelepon sebaiknya kita periksa terlebih dahulu kabel dalam rumah apakah ada yang putus atau didekat modem.

2. Setting Bandwidth
Agar koneksi internet anda maksimal, gunakanlah nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada komputer configuration. Berikut langkah-langkahnya :
- Klik Start pada komputer Anda (Windows)
- Pilih Run > Ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan > Klik OK
- Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth
- Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK
Restart komputer Anda untuk mendapatkan hasilnya.

3. Mengubah DNS
DNS singkatan dari Domain Name System yang dimiliki oleh penyedia layanan internet. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet pasti mempunyai kemampuan, kecepatan, spesifikasi, dan pembacaan IP tersediri.

Dengan demikian, DNS yang kita gunakan sering mengalami penurunan kecepatan karena banyaknya user yang menggunakannya. Untuk menangani hal tersebut, trik yang kita gunakan adalah dengan mengganti-ganti IP DNS Server, dengan mencari koneksi yang sepi.

Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda hingga 20% dari kecepatan semula.
Menggunakan open DNS, berikut ini langkah-langkahnya:
- Buka Control Panel Komputer Anda
- Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
- Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
- Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220
- Lalu klik OK.

4. Modem
Modem adalah sebuah alat perangkat elektronik yang digunakan mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi untuk kemudian diproses melalui saluran telepon kabel. 

Modem juga memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Gunakanlah modem yang sepsifikasi kecepatan cukup besar. Biasanya modem yang sering digunakan memiliki kapasitas koneksi sekita 256 Kbps.

Cek modem dengan cara melihat modem apakah ada lampu indikasi merah yang menyala? Jika ada maka anda dapat menghubungi ke 147 untuk meminta meresetkan dari pusat.

Demikianlah informasi dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.